Sabtu, 31 Juli 2010

Mudahnya Membuat Buku How to

Buku how to adalah buku yang berisi sesuatu atau menjelaskan sesuatu secara umum. Buku how to ditujukan bagi orang-orang yang awam dalam bidang tersebut. Secara mudah, buku how to dapat dikategorikan sebagai buku panduan.

Seandainya Anda adalah praktisi yang mempunyai peternakan Lele, maka Anda dengan mudah dapat menceritakan atau menerangkan bagaimana proses pemeliharaan ikan lele dari pembibitan dan mungkin sampai pemasaran. daripada sekedar diomongkan, mengapa tidak dibuat buku saja?

Contoh:

Trik dan Tips Jitu Memelihara Ikan Lele/ Meraup Rupiah dari Beternak Lele

Bab I Jenis-jenis lele
A. Lele dumbo
B. lele lokal
Bab II Persiapan tempat
A. Media hidup
B. Bibit
Bab III Pemeliharaan
A. Pemberian pakan
B. Penggantian air
Bab IV Penyakit
A. Jenis Penyakit
B. Pencegahan
C. Pengobatan
Bab V Modal
A. Perhitungan Ekonomi
B. Modal dasar
C. Keuntungan

Tulisan ini saya bbuat hanya sekitar lima menit. Ide diatas hanya contoh dan saya tidak melakukan penelitian/ riset data sama sekali. Jadi kemungkinan besar ada yang salah dengan tulisan diatas. MIsalnya saja, bisa saja jenis-jenis lele tidak seperti yang saya tulis dalam Bab I, Bab II bisa ditambah, Bab III mungkin saja salah.

Hal ini sangat tidak masalah.Yang paling penting adalah mengurutkan informasi yang ingin kita sampaikan. Setelah outline selesai kita bisa memperbaiki dengan melakukan riset lewat google. Saya pribadi lebih senang memulai riset dengan membuka wikipedia baik yang versi bahasa Inggris (karena lebih lengkap), maupun versi bahasa Indonesia (karena ada kata-kata yang khusus hanya ada di Indonesia).

Jika masing-masing sub bab ada 4 halaman, maka jumlah halaman yang dapat kita tulis = 4 x 12 sub bab = 48 halaman. Catatan: Bab I= 2 sub bab, Bab II= 2 sub bab, Bab III= 2 sub bab,Bab IV= 3 sub bab, Bab V= 3 sub bab.

Untuk tema beternak lele, tentu saja kita perlu menambahkan gambar. Maka jumlah halaman akan semakin banyak, naskah buku semakin menarik, penjelasan menjadi lebih meyakinkan dan pembaca juga semakin mudah memahami isi tulisan. Selamat berkarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar